Kamis, 10 Oktober 2013

Traveling ke Negara Baru & Unik, Perhatikan 7 Tips Ini



Menjejalah ke negara yang baru dibuka atau yang memiliki kebudayaan unik tentu seru. Tapi sebelumnya, ada 7 tips yang sebaiknya Anda ikuti.

Dihimpun detikTravel, Kamis (10/10/2013) inilah 7 tips untuk traveler yang ingin liburan ke negara baru dan unik di dunia:

1. Cari tahu transportasi menuju sana

Hal pertama yang paling penting untuk mencapai negara baru adalah mencari tahu transportasi menuju sana. Anda bisa mencari lewat internet kendaraan apa saja yang bisa digunakan. Ini penting karena terkadang beberapa daerah atau negara yang baru dibuka terbatas soal transportasi.

2. Pilih tempat menginap

Jika sudah mengetahui transportasi, saatnya mencari tahu penginapan. Carilah kira-kira penginapan mana yang aman dan nyaman. Anda bisa mencari tahu lewat situs pariwisata setempat, atau situs perjalanan terkemuka.

Jangan lupa pula untuk membawa review seputar penginapan jika ada. Ini penting agar Anda tidak salah dalam memilih tempat bermalam.

3. Tentukan restoran mana yang akan didatangi

Negara yang baru atau unik biasanya tidak memiliki banyak tempat makan seperti negara biasa. Agar tidak kelaparan dan salah pilih, sebaiknya cari tahu dulu restoran mana saja yang bisa Anda datangi.

Pastikan juga telah mencatat alamat dengan lengkap. Jadi, begitu tiba di tempat tujuan, Anda sudah tahu harus makan di mana dan terhindar kelaparan.

4. Pelajari tradisi atau budaya lokal

Suatu negara yang baru atau unik tentu memiliki tradisi dan budaya yang berbeda dengan negara lain. Malah terkadang, ada beberapa tradisi yang dianggap aneh di negara lain, justru dianggap biasa saja di negara tujuan Anda.

Agar tidak salah dalam bertingkah laku, sebaiknya pelajari tradisi dan budaya setempat. Cari tahu tradisi yang biasa dilakukan penduduk sekitar. Jangan lupa juga untuk cari tahu hal apa saja yang boleh dan tak boleh dikerjakan.

5. Bawa mata uang lokal atau dollar AS

Sebagai antisipasi sulit menemukan tempat penukaran uang, tak ada salahnya jika Anda langsung membawa uang dalam pecahan mata uang setempat. Jika tidak ingin membawa semua uang dalam mata uang setempat, sebaiknya bawa dalam pecahan USD. Ini karena mata uang USD terhitung stabil dibanding mata uang lain.

6. Cari tahu biaya hidup di sana

Hal lain yang tak kalah penting adalah mencari tahu kira-kira berapa biaya hidup satu hari di negara baru tersebut. Negara-negara baru kadang mengalami masalah ekonomi berupa inflasi tinggi atau kesulitan lainnya. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan berapa uang yang harus dibawa, dan terhindar dari kekurangan uang.

7. Faktor keamanan

Ini yang paling penting, mencari informasi soal faktor keamanan di negara baru atau unik tersebut. Apakah negara baru ini muncul akibat perang atau separatisme, mungkin faktor keamanan menjadi masalah.

Atau hal yang unik di negara tersebut misalnya kuliner atau tradisi tertentu, berisiko terhadap kesehatan dan keselamatan kita, lebih baik dihindari saja. Pastikan kunjungan ke negara unik dan baru tetap aman dan nyaman untuk wisatawan.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.