Minggu, 17 Agustus 2014

Ternyata Makan Pizza dan Sushi Roll Bikin Lebih Cepat Lapar


Keinginan mengonsumsi makanan memang sering terjadi walaupun perut sudah kenyang. Hal ini karena makanan tinggi gula dan gurih yang dikonsumsi. Makanya jadi merasa cepat lapar lagi.

Berikut ini adalah makanan yang dapat menyebabkan Anda lebih mudah lapar.


1. Roti putih

Roti putih dibuat dengan menggunakan tepung terigu. Tepung ini mengandung lebih sedikit serat dibandingkan dengan tepung gandum. Hal ini dapat menyebabkan Anda akan mudah terasa lapar. 

Dalam penelitian di Spanyol, peneliti melacak kebiasaan makan dan berat badan lebih dari 9.000 orang dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua atau lebih roti putih, 40 persen cenderung kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang konsumsi hanya 1 lembar sehari.


2. Snack asin
Snack asin memang selalu identik dengan keripik kentang ataupun makanan ringan lain. Dalam satu kantong snack asin biasanya tinggi kalori. Akan tetapi kurang memberikan rasa kenyang. Hal ini dapat memicu untuk makan secara berlebihan.

3. Pasta
Seporsi pasta dengan saus memang sangat lezat. Akan tetapi karbohidrat sederhana akan membuat insulin naik dan tubuhpun segera menghasilkan banyak gula untuk energi yang membuat kadar gula darah rendah dan anda akan merasa lapar.

4. Sushi gulung
Sushi roll pada umumnya memiliki porsi yang kecil. Nasi yang digunakan pun hanya sedikit. Porsi yang biasa disajikan juga hanya setengah dari konsumsi nasi biasanya.

5. MSG
Monosodium glutamat (MSG) merupakan zat yang biasanya dicampurkan ke dalam makanan ebagai penambah rasa. MSG memang tidak membuat Anda mudah lapar. Akan tetapi menurut studi yang dilakukan pada hewan di Spanyol dapat meningkatkan 40 persen nafsu makan.

6. Pizza

Mengonsumsi pizza memang tak cukup hanya 1 slice. "Pizza dibuat dengan menggunakan tepung terigu, minyak yang terhidrogenasi, keju olahan dan pengawet yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Hormon yang mengatur rasa kenyang dan lapar ini dapat membuat Anda merasa begah setelah makan. Akan tetapi lebih cepat lapar beberapa jam setelahnya.


7. Pemanis buatan
Pemanis buatan seperti aspartam, sucralose dan sakarin merupakan pemanis buatan yang terkandung dalam minuman kemasan. Pemanis buatan ini akan merangsang sel-sel otak dan dapat mempengaruhi pusat kontrol lapar dari otak. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan insulin dalam tubuh sehingga timbul rasa ingin makan lebih banyak.

8. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji mengandung lemak trans yang berpotensi mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproduksi nafsu makan dan mengendalikan neurotransmitter seperti dopamin dan juga serotonin. Sementara itu, saluran pencernaan menyerap sirup jagung fruktosa tinggi dengan cepat, menyebabkan lonjakan insulin dan lapar yang lebih besar.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.