Selasa, 12 Agustus 2014

Horee!! Berkunjung ke Jepang Nanti Tak Perlu Pakai Visa Lagi



Usai menemui presiden terpilih Joko Widodo, Menlu Jepang YM Fumio Kishida mengunjungi Menlu Marty Natalegawa di kantor Kemenlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat. Keduanya membahas berbagai hal dari hubungan bilateral hingga kondisi internasional.

Salah satu informasi menggembirakan yang disampaikan oleh Fumio adalah rencana pembebasan visa bagi WNI yang melakukan kunjungan ke Jepang. Rencana tersebut, menurut Fumio akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Berkaitan hubungan bilateral, saya mengumumkan kerjasama bebas visa bagi warga negara Indonesia yang berkunjung ke Jepang," kata Fumio dalam konferensi pers di kantor Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (12/8/2014).

Kebijakan tersebut akan segera dilaksanakan setelah semua proses yang dilakukan pemerintah Jepang selesai. Namun Fumio belum menyebutkan kapan resminya kebijakan tersebut akan dijalankan.

"Tidak disebut kapan mulai berlakunya namun yang saya dengar Januari 2015," kata Marty usai konferensi pers.

Pemerintah Indonesia sendiri merespon positif kebijakan tersebut. Indonesia sangat berterimakasih atas pembebasan visa ke negeri sakura itu.

Marty menjelaskan, ada berbagai tingkatan dalam aturan pemberlakuan visa. Yang paling ketat adalah calling visa atau visa yang dapat diperoleh jika ada undangan dari pihak negara tujuan. Kemudian visa biasa, lalu visa on arrival atau visa yang diberikan ketika tiba di negara tujuan. Dan yang terakhir adalah visa free atau bebas visa sama sekali.

"Saya kira ini berita yang sangat menggembirakan. Sangat positif," tutup Marty.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.