Kamis, 28 Agustus 2014

5 Hostel Cantik di Yogyakarta, di Bawah Rp 150 Ribu


Hostel jadi pilihan traveler bermalam karena harganya yang murah. Di Yogyakarta, terdapat 5 hostel yang punya tampilan cantik dengan harga per malam di bawah Rp 150 ribu. Murah, tapi tidak murahan!

Mencari penginapan di Yogyakarta tidaklah susah. Ada banyak jenis penginapan di sana, dari losmen sampai hotel berbintang. Khusus soal hostel, rupanya banyak hostel di Yogyakarta yang menawarkan kenyamanan dan paket wisata seru meski dengan harga yang miring.

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (28/8/2014) berikut 5 hostel cantik di Yogyakarta dengan harga per malam di bawah Rp 150 ribu:


 1. Retra's Hostel

Cantik dan bersih, itulah dua kata yang menggambarkan Retra's Hostel begitu Anda menginjakan kaki di sana. Dibuka sejak 2 Maret 2013, hostel ini memiliki 2 tipe kamar, dormitory dan private.

"Ada 10 kamar dormitory yang tiap kamarnya berisi 4 bed dengan harga normal Rp 85 ribu per orang per malam. Sedangkan kamar private ada 3, dengan maksumum diisi 2 orang dan tarifnya Rp 350 ribu per malam," ujar karyawan Retra's Hoste, Argi.

Traveler yang mau mengirit kocek, bisa tidur di kamar dormitory dengan fasilitas AC di dalamnya. Untuk hostelnya sendiri, terdapat fasilitas WiFi, dapur yang bisa dipakai untuk memasak dan fasilitas laundry.

Bahkan, kamar dormitory juga jadi tempat favorit turis mancanegara untuk bermalam.

"Kami beralamat di Jl Kaliurang Km 5,5, lalu masuk ke Jl Pandega Mandala nomor 25 C. Kalau dari Stasiun Tugu itu naik taksi, sedangkan dari Bandara Adi Sucipto bisa naik Trans Jogja dan turun di shelter Manggung, tinggal jalan kaki sekitar 70 meter," papar Argi.


 2. Omah Cilik

"Total ada 5 kamar di Omah Cilik, 3 dormitory dengan 4 atau 6 bed di dalamnya, serta satu kamar private," ujar karyawan Omah Cilik, Indah.

Untuk kamar domitory, wisatawan dikenai tarif Rp 70 ribu per orang per malam. Sedangkan untuk kamar private, hanya Rp 125 ribu per malam. Dua kamar tersebut punya fasilitas kamar mandi di dalam kamar.

"Ke Malioboro dari Omah Cilik hanya 15 menit saja, juga dekat kok ke Keraton Yogya dan Taman Sari," kata Indah.

Omah Cilik beralamat di Jl Purwokinanti PA1/350, Yogya. Yang bikin hostel ini terlihat cantik, adalah dinding di dalamnya yang diberi lukisan burung atau suasana sunset di pantai.


 3. Edu Hostels

Edu Hostels bisa dibilang sebagai hostel yang besar. Hostel ini punya 5 lantai dengan total jumlah 45 kamar dormitory dan 18 kamar private. Asyiknya lagi, ada area rooftop dengan kolam untuk berendam.

"Di lantai dua adalah dormitory untuk perempuan dan lantai 3 dormitory untuk laki-laki. Harga per malam per orang di kamar dormitory sebesar Rp 80 ribu yang sudah termasuk fasilitas AC, air hangat dan termasuk sarapan," papar karyawan Edu Hostels, Wenti.

Sedangkan kamar private dipatok seharga Rp 450 ribu per malam, tapi tenang karena bisa diisi oleh empat orang. Yang membedakan kamar dormitory dan kamar private hanya kamar private yang memiliki TV.

"Tapi, kami punya area lesehan di dekat lobi. Di sana ada sofa panjang, bangku dan TV untuk tamu yang bermalam. Sedangkan di rooftop, ada kolam rendam karena hanya bisa berendam saja dan tak bisa berenang," ungkap Wenti.

Dia menambahkan, kolam rendam dibuka saat sarapan pagi sampai menjelang siang. Lalu ditutup dan dibuka lagi dari pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB. Lokasi Edu Hostels di Jl Letjen Suprapto No 17, Ngampilan pun cukup strategis, yakni hanya 1 km dari Marlboro dan 2 km dari Keraton Yogya dan Taman Sari.

"Kebanyakan yang menginap di Edu Hostels itu dari Jerman, Spanyol dan AS. Malah, pernah ada tamu dari Kansas yang menginap di sini sampai 1 bulan lebih," tutur Wenti.


 4. Venezia Homestay & Garden

Mau menginap di hostel dengan kesan yang elegan? Datanglah ke Venezia Homestay & Garden di Jalan Surami No 55 Yogyakarta. Hostel ini punya banyak fasilitas yang memanjakan para wisatawan.

"Kami punya kolam renang dan gazebo," ujar karyawan Venezia Homestay & Garden, Khalifa.

Venezia Homestay & Garden punya 2 kamar dormitori, yang tiap-tiap kamar bisa diisi 8 orang. Koceknya sekitar Rp 85 ribu per orang per malam. Satu lagi, ada kamar bungalow untuk 2 orang dengan kocek per orang per malam sebesar Rp 350 ribu.

"Baik dormitory dan bungalow memiliki fasilitas AC dan sudah dapat sarapan. Soal lokasi, dari Venezia Homestay & Garden ke Malioboro hanya 30 menit dan ke Parangtritis hanya 1 jam naik kendaraan," pungkas Khalifa.


 5. Vogels Hostel

Harga per malam di kamar dormitory terbilang sangat murah, hanya Rp 25 ribu per orang. Sedangkan, hostelnya sendiri punya tiga tipe kamar yakni dormitory, familiy dan couple. Harga yang paling mahal hanya Rp 250 ribu saja.

"Sebenarnya hostel kami simpel-simpel saja dan lagipula yang menginap sekitar 80 % adalah backpacker. Di dormitory hanya ada kasur saja, tidak ada kipas angin karena Kaliurang sudah dingin," ujar Aldrin bagian pemandu wisata dari Vogels Hostel.

Meski hostelnya terkesan biasa, tapi ada yang tak biasa di sana. Wisatawan yang bermalam dapat mengikuti tur ke Merapi untuk berburu sunrise yang ciamik!

"Turnya hanya Rp 150 ribu saja, sudah termasuk dua kali makan dan pemandu. Nanti bakal kita ajak ke ketinggian sekitar 1.300 mdpl, di kaki gunung pas di depan Merapi. Cantik sunrisenya," ungkap Aldrian.

Selain itu, Vogels Hostel pun dekat dengan beberapa tempat wisata di sekitar Kaliurang seperti Museum Ullen Sentalu. Vogels Hostel berada di Jalan Astomulyo 76, Kaliurang Barat, Sleman.

"Banyak turis mancanegara yang bermalam di sini. Untuk ukuran kamar, kamar family lebih besar daripada couple atau dormitory," tutup Aldrian.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.