Jumat, 22 Agustus 2014

6 Penampakan Unimog Keren di Dunia


Unimog produksi Mercedes Benz kini jadi sorotan setelah muncul di kericuhan massa Prabowo vs polisi di kawasan Patung Kuda Arjuna saat pembacaan putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Truk kecil nan garang itu rupanya punya fungsi berbeda di sejumlah negara. Apa saja?

Dalam dokumentasi sejumlah media, Unimog memang kerap dipakai sebagai kendaraan militer. Namun ada yang memakainya untuk fungsi lain, mulai dari urusan sosial, balapan, hingga penegakan hukum.

Berikut penampakan Unimog di berbagai belahan dunia:


Alat Transportasi Bantuan
Di Inggris, Unimog 4x4 dipakai oleh organisasi kemanusiaan Palang Merah untuk mengirim bantuan kayu ke penduduk di desa Muchelney, Langport, Somerset, yang terkena banjir pada 30 Januari 2014 lalu. Mobil itu berwarna putih dan mengangkut cukup banyak kayu untuk kebutuhan warga setempat. Mulai dari rehabilitasi bangunan hingga bahan bakar.

Pemadam Kebakaran
Unimog juga bisa difungsikan untuk pemadam kebakaran. Seperti tampak pada foto yang diambil saat pameran kendaraan di Hanover, Jerman, ini. Truk tersebut dilengkapi dengan berbagai perlengkapan pemadam dan warnanya pun merah seperti branwir kebanyakan.

Militer

Truk Unimog kebanyakan dipakai oleh militer. Khusus gambar di atas, diambil pada 2 Oktober 2013 saat sedang acara latihan militer di Munster, Jerman.

Dua unit Unimog tersebut dilengkapi peralatan komunikasi yang paling canggih. Fungsinya untuk membantu pasukan dalam berkoordinasi.


Reli Ketahanan

Unimog juga kerap dipakai balapan ketahanan. Seorang pereli asal Italia, Giacomo Vismara, menggunakan mobil Unimog dalam kompetisi reli Afrika.

Foto tersebut diambil pada tahun 2009 di kawasan antara wilayah Bou-Jerif.


Penghalau Demo

Di Swedia, truk Unimog digunakan untuk menghalau pendemo. Pihak kepolisian setempat melengkapi truk 4x4 itu dengan sebuah tameng besar di bagian depan.

Tampak dalam foto, Unimog digunakan untuk mengusir pendemo pada 18 Desember 2008 lalu. Kala itu, terjadi kericuhan antara polisi dan pendemo.


Jadi Transportasi Wisata

Di Arizona, Unimog digunakan untuk kendaraan wisata. Bodinya dimodifikasi agar bisa mengangkut para penumpang dengan view yang lebih luas.

Foto di atas diambil saat tur di Africa Wildlife Park di Arizona.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.