Minggu, 04 Mei 2014

Sering Gagal Memasak? Perhatikan Hal Penting Ini Saat Membaca Resep


Sudah mengikuti resep tapi tetap gagal? Mungkin saja ada beberapa kesalahan saat membaca resep. Memasak tidaklah sulit, hanya saja perlu kecermatan saat memilih bahan, dan memperhatikan petunjuk resep dengan baik.

Resep umumnya jadi panduan awal saat memasak. Membaca resep sangat mempengaruhi keberhasilan dalam membuat masakan termasuk kue. Jika masih gagal, ada baiknya perhatikan hal penting ini saat membaca resep.


1. Baca dua kali
Sebelum memasak, sebaiknya baca resep terlebih dahulu. Untuk membaca resep dua kali agar tidak terjadi kesalahan dalam pengolahan ataupun salah menyiapkan bahan. Selain itu, perhatikan metode apa yang dilakukan dalam memasak misalnya digoreng atau dipanggang.

2. Periksa daftar bahan makanan
Saat membaca resep kita sering melupakan hal-hal yang kecil seperti bumbu atau pelengkap. Padahal bumbu dan pelengkap merupakan bahan yang sangat penting dalam membuat serta menambah rasa masakan. Saat membaca resep sebaiknya perhatikan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu dan menyiapkannya.

3. Perhatikan waktu
Pastikan Anda memiliki waktu untuk membuat makanan. Karena tidak semua masakan dapat langsung disajikan. Ada beberapa tahapan yang mungkin harus dilakukan sebelum pengolahan seperti pendinginan, perendaman atau pengasinan.

4. Ikuti petunjuk
Ikuti langkah demi langkah, jangan sampai tidak melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Misalnya saja dalam resep tertulis kocok putih telur hingga berbusa atau campurkan tepung terigu dan aduk dengan spatula. Hal ini tentunya ada alasannya, jika tak mengikuti hal ini dapat membuat kue bantat.

5. Jangan mengganti
Jangan sesekali mengganti suatu bahan pokok dalam resep. Terutama jika Anda masih dalam tahapan belajar. Mengganti mentega dengan minyak dapat membuat hasil kue kurang enak. Selain itu hasilnya pun tidak akan sebagus seperti apa yang Anda lihat di dalam buku resep.

Sumber: Detik

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.