Selasa, 10 Juni 2014

5 Hal Unik dari Debat Capres Prabowo vs Jokowi


Debat capres-cawapres tahap pertama sudah digelar pada Senin (9/6/2014) malam. Ada beberapa hal unik yang bisa ditangkap dari debat Prabowo-Hatta vs Jokowi-JK semalam. Apa saja?

1. Nobar Bak Nonton Bola di Warkop hingga Mal

Senin malam, banyak warga yang memiliki agenda nonton bareng alias nobar debat capres seperti halnya nobar final pertandingan sepak bola. Pemandangan 'nobar' ini dapat dijumpai dari warung kopi pinggir jalan, pangkalan ojek, hingga mal besar. 

Seperti foto di atas banyak sekali pengunjung pusat perbelanjaan di kawasan Semanggi mengerubung TV LCD layar lebar di salah satu stand penjualan TV berbayar, di bawah eskalator. Bahkan mereka tak segan-segan duduk bersila di lantai kendati pengunjung mal lain lalu-lalang naik eskalator.


2. Jokowi Kesandung

Saat masuk ke dalam Balai Sarbini, Jokowi sempat kesandung. Jokowi tiba mengendarai mobil Innova warna putih di Balai Sarbini, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (9/6/2014) pukul 19.15 WIB. Kerumunan warga yang menghadang Jokowi membuat ajudan Jokowi dan polisi membuat barikade agar Jokowi bisa beringsut ke ruang utama.

Namun massa sudah kelewat antusias. Yel-yel 'Jokowi Presiden!' yang diteriakkan berulang-ulang membuat semangat massa kian terbakar, sampai-sampai Jokowi yang mengenakan setelan jas dan berdasi merah tersandung. 

Jokowi tersandung saat hendak menuju tangga. Dari jarak kejauhan sosoknya sempat tak terlihat sejenak, tenggelam dalam kerumunan. Namun, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo dan ajudannya sigap meraih tangan Jokowi agar pria berlektabilitas tinggi itu tak tersungkur lebih nahas.


3. Kertas Nyembul dari Jas Jokowi

Sebuah kertas putih nampak keluar dari jas yang dikenakan capres Joko Widodo (Jokowi) saat seremoni pembukaan debat capres-cawapres yang diselenggarakan KPU. Spekulasi mengenai apa gerangan kertas itu pun muncul dan menjadi perbincangan khalayak di sosial media.

Pengamat politik UI Eep Saefulloh Fatah menyebut dalam akun twitter @Eepsfatah bahwa kertas tersebut adalah doa titipan dari Ibu Jokowi. Doa tersebut merupakan doa Nabi Musa As ketika menghadapi Fir'aun.

"Ini kertas yang tadi nongol di jas Pak @jokowi_do2: Titipan doa dari Ibunda tercinta," tulis Eep dalam akun twitter dia, Senin (9/6/2014) malam.

Nampak dalam foto yang terlampir bersama tulisan Eep adalah Jokowi memegang kertas bertuliskan sebuah doa. Jokowi terlihat sedang membaca doa tersebut.

Selain membawa kertas bertuliskan doa, Jokowi juga membawa kertas kosong lainnya yang diniatkan sebagai kertas catatan ketika debat berlangsung. Namun kertas itu tidak dipakai hingga debat berakhir


4. Momen Cipika-Cipiki
Sebelum debat dimulai, tampak kedua pasang capres-cawapres saling menyapa, bersalaman dan saling cium pipi singkat. Debat capres ini dilakukan dalam 6 segmen. Masing-masing kandidat saling melempar pertanyaan dengan penutupnya adalah kesimpulan. Di akhir debat, keduanya juga cipika-cipiki. Ini adalah kali pertama mereka di forum resmi tampil semesra itu.

5. Prabowo Grogi

Capres Prabowo Subianto pulang usai menjalani debat pertama di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (9/6/2014) malam. Ia tetap menebar senyum dan melambaikan tangan kepada para pendukungnya meski wajahnya nampak lelah. Dia merasa puas dengan debat pertama yang dijalaninya. Namun, dia mengaku sempat merasa grogi. 

"Untuk pertama kali bagus ya. Lumayan. Agak grogi juga tadi sedikit," tuturnya.


Sumber: Detik

1 komentar:

  1. Kalah melulu main di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (5ee80afe) ^^

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.