Selasa, 26 Maret 2013

Ciptakan Suasana Kekeluargaan di Kantor dengan 4 Hal Ini

img

Suasana tegang antara atasan dengan bawahan di kantor selalu tercipta di kebanyakan perusahaan. Padahal sebagai seorang pemimpin, bisa saja Anda membuat suasana yang nyaman dan lebih kekeluargaan. Dikutip dari Forbes, berikut ini empat hal yang bisa dilakukan agar atasan dan karyawan bisa menjadi seperti keluarga satu sama lain. 

1. Berikan Rasa Kepemilikan
Seorang pemimpin sering kali meminta bawahannya untuk melakukan apa yang diinginkannya. Padahal itu tidak memberikan rasa kepemilikan sebagai anggota tim. Terkadang, karyawan juga ingin merasa menjadi bagian dari sesuatu. Sebagai pemimpin, harus bisa memberi pekerjanya rasa tanggung jawab pada mereka.

2. Saling Mendukung
Pemimpin yang benar tentunya bisa memimpin timnya dengan baik. Sebab, atasan yang hanya merasa takut justru hanya akan menghambat perkembangan karyawannya. Oleh karena itu akan lebih baik bila perlakukan bawahan layaknya keluarga, yaitu dengan cara saling mendukung dan bukan saling menjatuhkan.

3. Dorong Karyawan untuk Berani Bicara
Dalam satu tim kerja, jangan hanya pemimpin saja yang angkat bicara. Anda juga harus memberikan hak pada karyawan untuk memberikan pendapat atau masukan, dan buatlah mereka merasa didengar. Dengan menciptakan suasana kekeluargaan di tempat kerja bisa membuat setiap karyawan termotivasi untuk lebih aktif. Ini juga bisa membangun rasa percaya diri, dan saling percaya.

4. Rencana untuk Sukses
Seorang pemimpin juga harus bisa bersikap terbuka dan mempersilahkan karyawannya untuk turut berpartisipasi dalam perencanaan menuju kesuksesan.


Sumber: Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.