Sabtu, 01 Desember 2012

Ini Trik Supermarket Agar Anda Belanja Banyak (2)

img

Bingung kenapa Anda mudah tergoda membeli barang-barang tak penting di supermarket? Padahal, Anda sudah berniat membeli barang yang tercantum di daftar belanjaan saja. Namun, Anda tidak sendiri. Lagipula, ini bukan sepenuhnya kesalahan Anda.
Supermarket memang punya trik psikologis agar kita berbelanja banyak. Untuk menghindari pemborosan, Anda perlu fokus terhadap tujuan Anda berbelanja. Berikut strategi supermarket untuk membuat Anda mengeluarkan uang lebih, seperti dikutip dari situs Organic Authority (01/12/12):


6. Endcap
img
Produk-produk utama biasanya diletakkan di endcap (di sisi ujung lorong atau rak) dengan papan harga besar. Lokasi spesial ini membuat pembeli berpikir bahwa harganya turun, padahal produk tersebut tidak didiskon. Makanya, barang-barang di tempat ini lebih laku. Supermarket meletakkan produk yang lebih tinggi keuntungannya di endcap. Produsenpun membayar lebih untuk bisa menempatkan produknya di sini.

7. Papan harga
img
Penulisan harga juga dapat memengaruhi keinginan seseorang untuk membeli. Misalnya, Rp 8.999 dan Rp 9.000. Meski hanya beda Rp 1 dan sama-sama dibayar Rp 9.000, hasrat bawah sadar kita mengalahkan logika dan lebih tertarik membeli yang Rp 8.999.
Kini, trennya adalah menghilangkan tanda mata uang (Rp) karena membuat pembeli berpikir akan mengeluarkan uang. Berbeda dengan tulisan angka saja yang membuat kita merasa telah menghemat. Jadi '11.999' terasa lebih murah dibanding 'Rp 11.999'.

8. Dibatasi 3 item per pelanggan
img
Pernah melihat tulisan 'pembelian dibatasi 3 item per pelanggan' terletak di rak minyak goreng, pelembut pakaian, atau produk lainnya? Hal ini akan membuatnya terlihat langka, sehingga tampak lebih bernilai. Andapun jadi takut kehabisan dan kemudian memborongnya.

9. Sampel gratis
img
Siapa yang tak suka barang gratis? Apalagi kalau kelihatannya menarik. Selain memperlambat Anda, trik ini memanfaatkan faktor 'balas budi'. Ketika Anda diberi sampel gratis, Anda jadi merasa tak enak kalau tak membelinya.
Sstt... Anda bisa mengakalinya kok! Hargai usaha SPG dengan menunjukkan ketertarikan Anda terhadap barang tersebut. Ambil saja produk yang ditawarkan, lalu letakkan di sembarang rak ketika sudah tak terlihat oleh si SPG.

10. Antre di kasir
img
Banyak mesin kasir, tapi hanya beberapa yang dioperasikan. Hal ini membuat antrean panjang orang-orang yang selesai berbelanja. Inilah fungsinya deretan permen, soda, majalah, dan CD diletakkan dekat kasir. Pasalnya, saat mengantre, Anda akan merasa lapar, haus, dan bosan. Jadi, kemungkinan Anda juga akan membeli produk-produk tersebut.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.