Selasa, 25 Desember 2012

10 Film Indonesia Terbaik di 2012



Tanpa disangka sudah sampai di penghujung tahun 2012. Sudah berapa judul film Indonesia yang kalian tonton? Jika benar-benar pecinta film Indonesia, pasti tak kan melewatkan 10 judul film terbaik. Namun jika belum, kalian wajib menonton 10 judul film ini yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan. Karena selain bagus, judul-judul di bawah juga memberikan pengalaman sinematik yang berbeda. Intip yuk daftarnya

Negeri 5 Menara 


NEGERI 5 MENARA diadaptasi dari novel laris karya Ahmad Fuadi. Berkisah tentang perjuangan seorang anak dengan mantra Man Jadda Wajada (siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil) yang terus dipegang teguh hingga dia dewasa dan sukses. Drama yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman ini berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 765.425. Bahkan masuk ke dalam 10 film Indonesia terlaris tahun 2012.

Tanah Surga ...Katanya


Film arahan Herwin Novianto ini berhasil menyabet gelar film terbaik FFI 2012. Berkisah tentang kehidupan di perbatasan Indonesia dan Malaysia yang membuat penduduknya bingung untuk berpijak pada negara mana yang menurut mereka mampu memberi surga. Pemilihan judul TANAH SURGA ...KATANYA memang disengaja untuk menyindir kondisi Indonesia saat ini.

Test Pack


TEST PACK diadaptasi dari novel buah karya Ninit Yunita. Disutradarai oleh Monty Tiwa dengan bintang utama Reza Rahadian dan Acha Septriasa. Film ini berkisah tentang usaha sepasang suami istri dalam mempertahankan rumah tangga mereka. Film ini memiliki naskah yang kuat. Dan kekuatan tersebut bersinergi dengan akting bintang utama yang sama-sama apik dan saling mengisi. Berkat film inilah Acha Septriasa menerima piala citra kategori pemeran utama terbaik.

Cita-Cita Setinggi Tanah 


Setiap orang boleh memiliki mimpi. Termasuk tokoh dalam film yang mempunyai keinginan makan di restoran Padang. Film arahan Eugene Panji ini tak muluk-muluk dalam ide namun kesederhanaan tersebut malah membuatnya sarat pesan. Didukung akting anak-anak yang natural membuat CITA-CITAKU SETINGGI TANAH menjadi film anak-anak terbaik rilisan 2012.

5 CM


Lagi-lagi film yang diadaptasi berdasarkan novel laris. Kali ini giliran buku karya Donny Dhirgantoro yang sukses mencetak rekor dengan berhasil menjual 500 ribu tiket dalam lima hari pada minggu pertama perilisan filmnya. 5 CM yang disutradarai oleh Rizal Mantovani berkisah tentang perjalanan 6 orang remaja dalam meraih cinta dan mimpi.

Lovely Man


Film ini memang menawarkan sajian yang berbeda. Menyorot tentang perjalanan satu malam seorang waria dengan anaknya yang jauh-jauh datang ke Jakarta demi melihat wujud sang ayah. Teddy Soeriaatmadja boleh merasa bangga karena film ini mendapat sambutan luar biasa dari kritikus baik dalam maupun luar negeri. Sayang ketika rilis di Indonesia minat penonton masihlah kurang disuguhi film berbobot seperti ini.

Soegija


SOEGIJA menyorot sepak terjang uskup pertama di Indonesia bernama Soegija. Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini memang keteteran dalam pembagian cerita utama yang ingin disampaikan. Namun dari segi teknis, SOEGIJA mampu hadirkan pengalaman sinematik yang tidak biasa.

Mata Tertutup 


Film yang menggunakan kamera Canon 5D dalam pengambilan gambarnya ini sebenarnya sudah selesai digarap pada tahun 2011. Namun baru bulan Maret 2012 dirilis di bioskop meskipun terbatas. Lagi-lagi, respon film Garin Nugroho ini sangatlah biasa. Mungkin karena tema yang diangkat terlalu personal dan berat membuat penonton memilih sajian lain yang lebih ringan. Lewat film ini Jajang C Noer berhasil menyabet gelar aktris terbaik dalam ajang penghargaan Piala Maya dan Apresiasi Film Indonesia.

Rayya: Cahaya Di Atas Cahaya 


Cinta memang bisa mempermainkan perasaan siapapun. Bahkan seorang artis yang dituntut untuk selalu tersenyum. Lewat RAYYA: CAHAYA DI ATAS CAHAYA Viva Westi menawarkan sebuah road movie yang berisi. Selain sinematografi yang cantik, film ini turut diramaikan oleh naskah bercita rasa serta permainan apik ensemble cast-nya.

The Raid

Tak bisa dipungkiri, lewat tangan dingin Gareth Evans, film Indonesia berhasil dilirik oleh perfilman dunia. Bahkan para bintang-bintangnya berhasil digaet oleh sutradara luar negeri. Hal ini otomatis memecut sineas pribumi untuk berbuat lebih dan membuktikan bahwa Indonesia bisa. THE RAID sendiri berkisah tentang serbuan sekelompok pasukan khusus di sebuah apartemen yang dihuni oleh bandar narkotik bernama Tama.

Sumber: KapanLagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.