Kamis, 06 Desember 2012

5 Destinasi Liburan Akhir Tahun Pilihan Anda


Libur akhir tahun sudah tinggal menghitung minggu, rencana traveling pun sudah dimatangkan oleh para d'Traveler. Berbagai destinasi menjadi tujuan pembaca setia detikTravel, dan ada 5 yang jadi favorit. Ke mana saja ya?
Sejak Senin sampai Rabu (3-5/12/2012), detikTravel telah menggelar polling seputar destinasi rencana libur akhir tahun kepada d'Traveler di Twitter dan Facebook. Pembaca setia detikTravel ini memberikan jawaban yang sangat beragam. Mulai dari yang berlibur di kota sendiri sampai ada yang punya rencana jauh-jauh pergi ke Dubai.
Semuanya telah detikTravel rangkum menjadi 5 pilihan destinasi terfavorit pilihan d'Traveler berikut ini:

1. Yogyakarta (28 persen)
img
Pesona Yogyakarta masih membuat hati wisatawan tertarik, begitu juga dengan 28 persen d'Traveler. Mereka berencana untuk menghabiskan libur akhir tahun di Kota Pelajar ini. 
"Rencananya mau menghabiskan akhir tahun bersama teman-teman di Yogyakarta," ungkap Syara dalam akun Twitter-nya.
Yogyakarta memang bukan kota baru untuk liburan. Jangankan saat akhir tahun, libur akhir pekan saja kota ini selalu menjadi langganan untuk dikunjungi traveler. Entah magis apa yang dimiliki Yogyakarta, sampai-sampai kota ini tak pernah sepi wisatawan.
Yogyakarta memang punya banyak tempat untuk dikunjungi, Anda tinggal pilih saja. Mau wisata kuliner dan belanja, Anda tinggal langkahkan kaki ke Malioboro. Adanya di pusat kota, jadi mudah untuk dijangkau. Malioboro punya banyak barang dan aneka kuliner khas Yogyakarta. Soal harga, tak perlu khawatir, karena hampir semuanya bisa ditawar kok.
Mau wisata pantai, ada Gunungkidul yang punya sederet pantai cantik. Untuk bisa mengunjungi semua pantai di kabupaten yang terletak di selatan Yogyakarta ini, Anda harus menyiapkan waktu yang lama. Maklum, setidaknya ada 11 pantai yang siap untuk Anda jelajahi. Masih di Gunungkidul, ada Gua Pindul yang bisa Anda jadikan pilihan. Di sini, Anda bisa menelusuri perut bumi dengan cara cave tubing.
Jika Anda mau coba hal yang baru di Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda ke kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo. Di sini, Anda bisa melakukan sandboarding, yaitu meluncur dari bukit pasir yang halus. Ini bukanlah kegiatan yang baru di Yogyakarta, sudah banyak wisatawan datang ke sini. Salah satu d'Traveler yang berencana bermain sandboarding adalah Vanny Alviana. Di akun Twitter-nya, ia mengaku ingin berseluncur pasir pada akhir tahun ini.
"Jelang akhir tahun, mau sandboarding di Kota Pelajar," kicaunya.

2. Bandung (17 persen)
img
Selain Yogyakarta, Bandung juga menjadi kota yang menarik perhatian wisatawan untuk menghabiskan libur akhir tahun. Sebanyak 17 persen d'Traveler siap menyerbu Bandung saat liburan nanti.
Selain dekat dengan Kota Jakarta, Bandung punya segudang destinasi wisata. Mau wisata alam, Bandung punya Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Situ Patenggang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk Anda yang ingin berbelanja, jejeran toko di Cihampelas, Jalan Dago, Pasar Cibaduyut, Pasar Induk Gedebage, Pasar Baru, dan ITC Kebon Kelapa pasti bisa memuaskan hasrat belanja Anda.
Anda juga bisa menyambangi beberapa acara di Bandung. Biasanya, kota ini punya berbagai perayaan untuk menyambut Tahun Baru. Anda bisa ikut larut dalam perayaan-perayaan tersebut. Menyaksikan cantiknya kembang api di langit malam Bandung menjadi kegiatan paling ditunggu wisatawan.
"Malam Tahun Baru di Bandung, bareng sama teman-teman. Nonton kembang api di Bandung pasti seru," ungkap Christin Zaini di akun Twitter-nya.
Selain wisata alam, belanja, dan menyaksikan indahnya kembang api, Bandung juga punya wisata kuliner. Ya, belum ke Bandung kalau belum mencicipi ragam kulinernya yang bisa bikin ketagihan. Anda bisa datang ke Colenak Pak Murdi di Jalan Ahmad Yani No 733 yang dekat dengan terminal Cicaheum, Bandung. Lalu ada Batagor Ihsan di Jalan Setiabudi No 268 yang nikmat disantap di saat cuaca mendung.

3. Jakarta (15 persen)
img
Banyak yang meninggalkan Jakarta dan pergi ke luar kota, tapi ternyata banyak juga wisatawan yang malah datang atau tetap menghabiskan libur akhir tahun di Ibukota. Kota Jakarta dipilih oleh sebanyak 15 persen d'Traveler.
"Mending di Jakarta aja, masih banyak tempat seru kok," kicau Dimas Susilo.
Kota Jakarta memang punya potensi wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat Tahun Baru, berbagai perayaan digelar di kota ini. Warga Jakarta dan turis biasanya memadati kawasan Ancol untuk menyaksikan indahnya kembang api.
Selain saat malam Tahun Baru, Jakarta juga punya banyak destinasi untuk liburan. Mau wisata pantai, Anda bisa pergi ke Pantai Ancol. Selain pantai, di sini juga ada taman bermain dan water park. Mau wisata budaya, Anda bisa berkeliling Taman Mini Indonesia Indah. Nah, kalau yang mau mengenalkan hewan kepada anak-anak, Anda bisa mengajaknya untuk datang ke Ragunan.
Selain itu, ada juga taman-taman kota yang bisa Anda jadikan untuk tempat mengisi liburan. Akhir tahun di Kota Jakarta, kenapa tidak?

4. Bali (12 persen)
img
"Aku mau pergi ke Bali. Tiket ke Bali sudah dipesan dari bulan lalu," komentar Lili Yuliana di Facebook.
Ya, Bali memang memesona banyak wisatawan. Tidak cuma dari dalam negeri, Pulau Dewata juga laris manis dikunjungi turis mancanegara. Termasuk juga sebanyak 12 persen d'Traveler yang memilih Bali sebagai destinasi akhir tahun mereka.
Tak salah memang menjadikan Bali sebagai lokasi untuk libur akhir tahun. Pulau Seribu Pura ini menjanjikan banyak destinasi untuk dikunjungi, mulai dari daratan sampai lautan. Wisata pantainya sangat kaya, mulai dari ramai-ramai berjemur dengan bule di Pantai Kuta sampai menyendiri di private beach ada di sini.
Tapi Bali tidak hanya pantai. Bagi Anda yang ingin berkenalan dengan hewan, di sini ada Bali Safari and Marine Park. Atau jika ingin menyaksikan lumba-lumba di tengah laut, Anda tinggal menyewa kapal saat pagi-pagi buta di Pantai Lovina.
Untuk mengenal Bali lebih dalam, Anda bisa mengunjungi Garuda Wisnu Kencana (GWK). Jaraknya hanya 10 menit dari Bandara Ngurah Rai atau 25 menit dari Kuta. GWK memiliki nuansa yang sejuk dan pemandangan yang serba hijau. Tidak hanya itu, arsitektur dan pahatan-pahatan karya seniman Bali dapat Anda saksikan juga di sini.
Sudah jauh-jauh ke Bali, sayang kalau tidak mencicipi kulinernya yang nikmat. Saat sore mulai habis, sambangilah kawasan Jimbaran. Ini adalah pusat kuliner di Bali. Mau menu khas Bali sampai mancanegara, ada di sini.
Semua yang ada di Bali sudah dicoba, sebelum pulang, mampir dulu ke Pasar Sukawati. Pasar seni paling terkenal di Bali ini berada di Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Dari Kuta, pasar yang sudah menjadi surga belanja wisatawan di Bali ini bisa ditempuh selama 30 menit.
Ada banyak barang yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh di sini, seperti kaus dengan tulisan Bali dan gambar barong, kalung, gelang, hingga kerajinan dari kayu. Asyiknya, barang-barang di Pasar Sukawati tidak cuma murah, tapi bisa ditawar.

5. Kepulauan Karimunjawa (5 persen)
img
Selain kota-kota besar di Indonesia, pembaca setia detikTravel juga memilih wisata pulau sebagai tujuan libur akhir tahun mereka. Seperti Karimunjawa misalnya, yang dipilih oleh 5 persen d'Traveler.
"Menikmati alam di Karimunjawa sepertinya asyik untuk Tahun Baru," ungkap Fajar Setya di kicauannya.
Sudah bukan rahasia lagi kalau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah punya pemandangan alam yang sangat menawan. Walaupun untuk bisa sampai ke surganya wisata pulau di Jawa Tengah ini cukup memakan waktu, tapi wisatawan seakan tak ada habisnya berduyun-duyun datang ke sini. Dari Jakarta, Anda bisa menggunakan angkutan bus ke Jepara yang memakan waktu 12-13 jam. Lalu menyeberang ke Karimunjawa dari Pelabuhan Jepara yang memakan waktu 6 jam.
Lelah yang ada pasti akan terbayar dengan indahnya pulau-pulau di sana. Kepulauan ini memang memiliki pemandangan yang indah, apa lagi alam bawah lautnya. Namun jangan lewatkan pesona matahari terbenam saat sore hari. Cahaya kuning keemasan bercampur dengan lembayung berwarna ungu terlihat jelas dari pinggir pantai. Inilah penutup hari yang sempurna di Karimunjawa.
Selain 5 destinasi tadi, masih ada beberapa tempat yang menjadi favorit d'Traveler untuk menghabiskan libur akhir tahun. Adalah Lombok (4 persen), Malang (3 persen), Bromo (2 persen), Manado (2 persen) Kepulauan Seribu (2 persen), dan Taman Nasional Baluran (2 persen). 
Bahkan, ada juga d'Traveler yang berencana untuk terbang ke luar negeri guna merayakan tahun baru. Misalnya saja Ian yang ingin traveling ke Manchester, Inggris sambil menyaksikan pertandingan sepakbola.
"Ke Inggris untuk nonton pertandingan Derby Manchester," ungkapnya di Twitter.
Tidak cuma Ian, tapi ada 3 persen d'Traveler lainnya yang punya rencana serupa. Manchester bukan satu-satunya destinasi di luar negeri yang dipilih pembaca detikTravel. Ada 2 persen d'Traveler yang berencana pergi ke Dubai akhir tahun ini. Lalu, apa rencana Anda untuk liburan akhir tahun?

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.