Rabu, 12 Desember 2012

Film-film Berbiaya Rendah yang Untung Besar


Hollywood terkenal tak tanggung-tanggung mengeluarkan dana jutaan dollar untuk memproduksi satu film seperti 'John Carter', 'Avatar', 'Life of Pi' dan sebagainya. Beberapa di antaranya memang berbanding lurus dengan pendapatan di box office.
Tetapi, ada juga film-film yang dibuat dengan biaya rendah, secara mengejutkan mencetak hasil memuaskan di box office. Berikut ini beberapa film yang diproduksi dengan biaya rendah, dan meraup untung puluhan juta hingga ratusan juta dollar.



1. Paranormal Activity


Film horor supranatural arah sutradara Oren Peli itu diproduksi dengan biaya US$ 15 ribu atau sekitar Rp 144 juta. Ketika tayang di bioskop pada 2007 lalu, film tersebut berhasil meraup US$ 193,355,800 atau sekitar RP 1,8 triliun.
'Paranormal Activity' mampu menyajikan teror yang seperti sungguhan kepada penonton, sehingga fim tersebut menyandang predikat film berbiaya rendah paling sukses sepanjang masa. Melihat kesuksesan itu, Oren Peli langsung membuat film-film sekuelnya.



2. The Blair Witch Project


'The Blair Witch Project' menjadi fenomena kultural ketika dirilis pada 1999 lalu. Film tersebut diproduksi hanya dengan waktu delapan hari menggunakan kamera video biasa.
Film itu langsung menjadi perbincangan, dan berkat kekuatan 'dari mulut ke mulut', 'The Blair Witch Project' sukses bsar di box office. Film psychological horror arahan Daniel Myrick dan Eduardo Sanchez itu dibuat dengan biaya sekitar US$ 500 ribu hingga US$ 750 ribu, dan meraup pendapatan US$ 248,639,099 atau sekitar Rp 2,3 triliun.



3. Halloween


'Halloween' merupakan film berbiaya rendah yang digarap dengan sangat baik hingga menjadi salah satu film horor paling populer sepanjang masa. Film itu sutradarai oleh John Carpenter.
Dirilis pada 1978, film itu diproduksi dengan biaya US$ 325 ribu dan meraup pendapatan hingga US$ 70 juta atau Rp 674 miliar. Aktris Jamie Lee Curtis membintangi film feature pertamanya di film ini.



4. Night of the Living Dead


Memberikan ketakutan yang nyata pada penonton sepertinya menjadi formula suksesnya film-film berbiaya rendah di box office. 'Night of the Living Dead' yang dirilis pada 1968 silam merupakan salah satu film zombie pertama.
Bahkan makhluk 'zombie' baru populer beberapa setelah film itu dirilis. Dan setelah itu, banyak film-film zombie lain yang dibuat.
'Night of the Living Dead' diproduksi dengan biaya US$ 114.000 dan menghasilkan US$ 42 juta atau sekitar RP 404 miliar.



5. Mad Max


Kembali pada 1979, aktor tak terkenal Mel Gibson muncul dalam film Australia 'Mad Max'. Di luar fakta film itu dibuat dengan biaya sekitar 350 ribu hingga 400 ribu dan dengan kru amatir, 'Mad Max' berhasil menjadi film terlaris di Australia saat itu.
Film tersebut meraup pendapatan US$ 100 juta atau sekitar Rp 963 miliar, dan disusul beberapa film sekuelnya.


Sumber: Detik






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.