Rabu, 23 Juli 2014

Ibukota Mulai Kosong, Yuk Keliling Jakarta!

Para penduduk Jakarta satu per satu mulai kembali ke kampung halaman. Jika sedang melancong ke ibukota, ini saat yang tepat untuk jalan-jalan keliling Jakarta!


Hari ini, jumlah penduduk Jakarta yang pulang kampung sudah makin banyak. Tak heran, jalan di sini pun mulai terlihat lengang. Jika kebetulan ada waktu, ini waktu yang pas untuk traveling keliling ibukota. Berikut 5 destinasi yang bisa didatangi di Jakarta:


 1. Hutan Mangrove Angke

Di Jakarta Utara, ada Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang menyajikan pemandangan hijau dan rindang. Di sini, traveler bisa berkeliling hutan mangrove dengan menapaki jembatan kayu, atau naik perahu. 

Berada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, destinasi yang satu ini membuat Anda merasa tidak sedang di Jakarta. Lantaran suasananya yang sejuk karena dikelilingi pohon. Ada aneka kegiatan yang bisa dipilih mulai dari keliling hutan, menanam pohon, hingga bermalam di penginapan yang ada di tengah hutan mangrove.


 2. Museum Prasasti

Bukan di kawasan Kota Tua, museum ini berada di Jl Tanah Abang 1, Jakarta Pusat. Museum Prasasti kini sudah cantik dan siap dijelajahi terutama bagi Anda yang senang dengan sejarah dan fotografi. Banyak prasasti nisan yang ada di sini mulai dari So Hok Hie hingga orang Belanda yang pernah menjajah Indonesia.

Masuk ke museum ini cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 saja. Di dalam, traveler bisa memperhatikan aneka prasasti yang menarik dan juga menyentuh. Karena tidak hanya informasi yang ada di sana, tapi juga kalimat mutiara yang mengena di hati. Satu lagi, museum ini sangat fotogenik!


 3. Kota Tua

Tak ada habisnya mengagumi kawasan yang satu ini. Kawasan Kota Tua Jakarta layaknya jiwa dari kota ini. Sejarah berawal di sini, hiruk pikuk pertama yang hadir di Batavia pada masa itu. Di kawasan ini pula terlihat bentuk area yang mirip seperti di Amsterdam, Belanda. 

Bangunan kuno nan klasik, kanal dan area terbuka yang mirip plaza ada di sini. Ditambah, museum menarik yang ada di sekelilingnya seperti Museum Wayang, Kantor Pos Indonesia, dan Museum Fatahillah. Jangan lupa menjelajah Beos atau Stasiun Kota ya!


 5. Kampung Marunda

Jakarta punya jawara yang bernama Pitung. Bukan cuma membaca kisahnya saja, tapi traveler juga bisa mendatangi rumahnya. Kampung Marunda berada di Jakarta Utara. Di sana, ada satu rumah yang jadi tempat bersembunyi Si Pitung dari kejaran Belanda. 

Sebenarnya, ini bukanlah rumah Si Pitung. Karena ini rumah orang asing yang jadi tempat berlindung sang jawara. Namun hingga kini, rumah ini menjadi objek wisata terutama yang tertarik dengan budaya Betawi karena terasa kental sekali di sini.


Sumber: Detik

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.