Jumat, 11 Juli 2014

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Bulan Ramadan

img

Kebanyakan orang malah sulit mengatur pola makan saat bulan Ramadan karena nafsu makan yang tidak bisa terkontrol setelah 12 jam lebih berpuasa. Padahal, bulan ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan diet agar berat badan menurun dan menjaga kesehatan. Agar saat Ramadan asupan makanan bisa lebih terkontrol, sebaiknya ketahui apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

1. Goreng-gorengan

img
Godaan makan gorengan memang seringkali tidak bisa terhindarkan saat bulan puasa. Cemilan seperti tahu goreng, mendoan atau pisang goreng memang menjadi menu pembuka yang nikmat. Meski terasa lezat, namun makan gorengan kurang disarankan untuk dikonsumsi saat puasa. Menurut pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS, gorengan merupakan jenis makanan yang tinggi protein sama seperti daging dan telur yang menjadi enyebab orang berpuasa menjadi lemas setelah berbuka. "Protein ini pasti lama diubahnya menjadi energi, makanya lemas," ujar pakar gizi lulusan University of Queensland, Australia, saat berbincang dengan Wolipop, Kamis (10/7/2014).


2. Makan Berlemak

img
Makanan yang memiliki kadar lemak yang cukup tinggi seperti daging, santan dan mayones sebaiknya tidak dimakan terlalu banyak. Menurut dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, kolak juga sebaiknya jangan dimakan terlalu banyak karena mengandung santan dan gula. "Isi kolak kan ada tepung, pisang, candil itu tidak apa-apa selama tidak berlebihan," tambah dokter gizi di Melinda Hospital itu.


3. Gula

img
Minuman manis juga menjadi menu minuman favorit saat berbuka puasa. Meski menyegarkan, namun makanan dan minuman yang banyak mengandung gula sebaiknya dikurangi. Sebaiknya, ganti makanan atau minuman yang mengandung gula dengan pemanis alami dari buah-buahan atau jus buah. "Gula bisa meningkatkan trigliserda (lemak darah) naik," ujar dr. Johannes.


4. Makan yang Lembut

img
Saat sahur kebanyak orang jadi malas makan dan memilih makanan yang lembut seperti bubur. Menurut dr. Johannes, makanan yang lembut membuat cepat lapar karena mudah dicerna. "Pilih nasi merah, nasi putih yang butiran berasnya panjang-panjang seperti beras saigon. Tapi tetap cara masaknya jangan terlalu empuk," saran dokter lulusan Deakin University, Melbourne itu.


5. Makanan Asam dan Pedas

img
Dalam memilih buah, Anda juga harus memperhatikan rasanya. Jangan makan buah yang asam saat berbuka puasa karena bisa membuat lambung perih sehingga menimbulkan rasa sakit. Selain makanan asam, sebaiknya hindari juga makanan pedas karena pencernaan bisa terganggu.


Sumber: Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.