Jumat, 18 Juli 2014

8 Kota Ini Punya Maskot Paling Imut


Siapa sangka, ada banyak kota di dunia yang menjadikan hewan lucu sebagai maskot. Tak sedikit turis yang datang untuk melihat kelucuan sang maskot. Untuk yang penasaran, 8 maskot paling imut ada di 8 kota ini.

Diintip dari CNN, Jumat (18/7/2014) inilah bagian pertama 8 maskot kota paling imut di dunia:


 1. Tarras, Selandia Baru = Domba

Jika jalan-jalan ke Tarras di Selandia Baru dan bertemu domba dengan bulu sangat tebal, mungkin Anda bertemu dengan Shrek. Inilah maskot kota Tarras yang sangat terkenal. Dinamakan Shrek karena penampilan domba ini begitu kusut mirip seperti tokoh dalam film Shrek, Ogre.

Terang saja kusut, domba lucu ini ternyata menghindar untuk dicukur bulunya selama 6 tahun. Ia pun lebih memilih bersembunyi di gua.

Setelah berhasil ditangkap pada tahun 2004, ternyata bulu yang menutupi tubuh Shrek mencapai berat 27 kilogram. Semuanya pun dilelang untuk badan amal medis anak-anak. Tak ayal nama Shrek langsung terkenal sampai-sampai Perdana Menteri Selandia Baru ingin berjumpa dengannya.

Sayang, pada tahun 2007 Shrek sakit karena terlalu sering berhubungan dengan manusia hingga akhirnya meninggal. Meski begitu, keberadaannya terus dikenang masyarakat Tarras sebagai legenda.


 2. Dingle, Irlandia = Lumba-lumba

Siapa tak suka lumba-lumba? Mamalia laut ini telah menjadi sahabat manusia sejak lama. Yang spesial, salah satu lumba-lumba di Dingle, Irlandia sangat bersahabat dengan manusia.

Ia pun selalu menempel setiap dekat dengan manusia. Karena tingkah lucunya itu, lumba-lumba yang diberi nama Fungie ini pun menjadi maskot Kota Dingle.

Arti kata Fungie memang tidak ada di Irlandia. Namun nama tersebut ditujukan untuk 'Fun-Guy'. Moto yang diberikan untuk Fungie pun diciptakan pemerintah setempat, yakni "Fungie by name, fun guy by nature!".


 3. Ballarat, Victoria, Australia = Wombat

Berusia 28 tahun dengan berat hampir 38 kg, Wombat bernama Patrick menjadi maskot Kota Ballarat di Victoria, Australia. Patrick hidup di Ballarat Wildlife Park, Australia dan menjadi wombat tertua dan terbesar yang ada di penangkaran.

Patrick juga dinilai memiliki waktu hidup lebih panjang dari saudara sejenisnya. Ia hidup 13 tahun lebih lama ketimbang wombat yang hidup di alam liar. Karena itulah Patrick diangkat sebagai maskot Ballarat.


 4. Kinokawa, Jepang = Kucing

Tak sedikit traveler yang sengaja datang ke Kota Kinokawa hanya untuk mampir ke stasiunnya. Ya, ini karena Stasiun Kota Kinokawa memiliki maskot super imut, yakni seekor kucing bernama Tama. Tak tanggung-tanggung, Tama juga menjadi kepala Stasiun Kinokawa.

Setiap hari, Taman selalu mengenakan topi saat akan bertugas. Dia biasa ikut bertugas di loket penjualan tiket. Gajinya tentu bukan berupa uang, melainkan suplai makanan yang tak terbatas!


 5. San Francisco, AS: Burung nuri

San Francisco di AS pernah dikepung sekitar 200 burung nuri. Ratusan burung tersebut hinggap di taman dekat Telegraph Hill. Mereka semua terbang sangat jauh dari tempat asalnya yang berada di Amerika Selatan.

Kejadian ini pun langsung menjadi fenomena di San Francisco. Beragam film dokumenter dibuat berbintangkan burung nuri tersebut. Bukan cuma itu, sebuah kelompok pencinta burung nuri juga dibuat.

Ya, kehadiran 200 burung nuri tersebut memang sangat fenomenal. Terang saja, kemunculan mereka di atas bukit menjadi kejadian pertama di San Francisco.


 6. Berlin, Jerman: Beruang Kutub

Siapa tak gemas melihat tubuh gempal milik beruang kutub? Yang paling menggemaskan mungkin Cute Knut, beruang kutub di Berlin, Jerman. Beruang mungil ini lahir di Kebun Binatang Berlin tahun 2006.

Sempat ditolak kelahirannya oleh induknya sendiri, Knut juga harus menerima kenyataan saudara kembarnya meninggal. Kisah menyedihkan ini tersebar di Jerman dan langsung menyentuh hati banyak masyarakat Jerman. Foto Knut pun langsung tersebar. Berbagai media massa memasang foto hewan ini.


 7. St Andrews, Skotlandia: Kucing

Masih ada lagi kota lain yang menjadikan kucing sebagai maskotnya, yakni St Andrews di Skotlandia. Kucing ini diberi nama Hamish McHamish. Saking imutnya, kucing ini begitu dicintai oleh hampir seluruh penduduk kota.

Terang saja, ternyata kucing ini sudah ada di St Andrews dan menjadi daya tarik wisatawan sejak ia masih muda, sekitar 14 tahun lalu. Semua dimulai ketika McHamish masih kecil. Ketika itu, dia kabur dari rumah dan mulai menyusuri jalan di trotoar melewati restoran lokal, toko buku dan rumah. Sejak itu, penduduk St Andrews langsung jatuh cinta dengan kucing ini.

Pada bulan April 2014, penduduk kota St Andrews berhasil mengumpulkan uang sebesar USD 8.000 (Rp 93,7 juta) untuk membuat patung perunggu sang kucing. Selain itu, buku biografi berjudul "Hamish McHamish, Cool Cat About Town" diterbitkan. Semua didedikasikan untuk McHamish.


 8. Fruita, AS: Ayam

Kota Fruita di Colorado, AS punya maskot hewan yang unik, yakni ayam tanpa kepala. Cukup unik memang. Semua bermula dari ayam di sebuah peternakan.

Ketika itu, istri sang peternak ayam memotong kepala hewan ternaknya untuk ayamnya dimakan. Namun alangkah terkejutnya ia, ayam yang telah dipotong kepalanya tersebut tidak mati. Malah ia bisa hidup sampai 18 bulan.

Keajaiban ini pun diteliti pada tahun 1945. Ternyata potongan kepala tersebut meninggalkan satu telinga, vena jugularis dan sebagian otak yang mengontrol fungsi motorik.

Akhirnya, ayam tanpa kepala ini mati pada tahun 1946. Meski begitu, semua hal tentang ayam ini terus ada di Kota Fruita. Pernak-pernik tentang ayam ini pun masih menghiasi kota.


Sumber: Detik

1 komentar:

  1. Yuk daftar, main-main b0l4 disini f*a*n*s*b*e*t*t*i*n*g :)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.