Senin, 07 Januari 2013

Film-film Indonesia Terlaris dalam 5 Tahun Terakhir

Film-film Hollywood mengukur kesuksesannya di box office secara komersial dengan jumlah pendapatannya, sedangkan di Indonesia dapat dilihat dari jumlah penonton. Film Indonesia apa saja yang paling laris selama lima tahun terakhir?


1. Laskar Pelangi (2008)

Film arahan sutradara Riri Riza ini menuai sukses ketika dirilis saat libur lebaran pada 26 Desember 2008 lalu. Sebanyak 4.606.785 orang datang ke bioskop untuk menonton film adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata itu. 
Untuk mencari pemeran tokoh-tokoh anggota 'Laskar Pelangi', Riri Riza melakukan casting di daerah Belitung dengan menggunakan pemeran-pemeran lokal dalam pembuatan film. Film ini juga diambil di lokasi yang sama, Pulau Belitung. Film ini memadukan 12 aktor Indonesia yang dikenal dengan kemampuan akting mereka dengan 12 anak-anak Belitung asli yang bertalenta akting



2. Ketika Cinta Bertasbih (2009)

Film yang menceritakan kehidupan tokoh utamanya Khairul Azzam, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Al-Azhar University, Kairo. Kerja keras Azzam dalam menuntut ilmu sekaligus berjuang menghidupi ibu dan adik-adiknya di kampung, menjadi daya tarik film arahan sutradara Chaerul Umam itu.
'Ketika Cinta Bertasbih' yang diangkat dari novel best seller karangan Habiburrahman El Shirazy itu mampu menyedot 3.100.906 penonton. Sekuel film tersebut yang dirilis di tahun yang sama, menjadi film terlaris kedua dengan 2.003.121 penonton.



3. Sang Pencerah (2010)

'Sang Pencerah' mengungkapkan sosok Ahmad Dahlan itu dari sisi yang tidak banyak diketahui publik. Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, lelaki tegas pendirian itu juga dimunculkan sebagai pembaharu Islam di Indonesia. Ia memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional.
Film arahan sutradara Hanung Bramantyo itu berhasil menyedot 1.206.000 penonton. Ihsan 'Idol' menjadi pemeran Ahmad Dahlan muda, dan dilanjutkan oleh Lukman Sardi.



4. Surat Kecil Untuk Tuhan

Film drama dan biografikal yang dirilis pada 7 Juli 2011 itu disutradarai oleh Harris Nizam dan dibintangi oleh Dinda Hauw serta Alex Komang. Film ini diangkat dari kisah nyata dari novel best-seller yang berjudul sama. Bercerita tentang Gita Sesa Wanda Cantika, penderita kanker Rhabdomyosarcoma pertama di Indonesia.
Dinda Hauw dan Alex Komang mendapatkan nominasi Piala Citra untuk Aktris Terbaik dan Aktor Terbaik. 'Surat Kecil untuk Tuhan' menjadi film terlaris 2011 dengan 748.842 penonton.



5. Habibie & Ainun (2012)

Film 'Habibie & Ainun' arahan sutradara Faozan Rizal masih mendapatkan respons bagus setelah dua minggu pemutarannya. Bahkan film tersebut tercatat sebagai film nasional yang menyedot penonton paling banyak dalam waktu dua minggu, yakni 2,1 juta penonton.
Pencapaian penonton tertinggi dalam satu hari yang dicapai 'Habibie & Ainun' terjadi pada Sabtu (22/12/2012) lalu dengan 191 ribu penonton. Dengan demikian, film tersebut akhirnya melewati jumlah penonton 'The Raid' (1,8 juta), dan menjadi film terlaris 2012. 
Jumlah penonton untuk film yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari itu masih bisa bertambah karena masih tayang di bioskop.







Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.