Senin, 01 September 2014

Talenan Plastik atau Kayu? Mana yang Lebih Baik?



Sebelum memasak, talenan menjadi salah satu peralatan dapur yang penting untuk menyiapkan bahan makanan. Pemaparan talenan terhadap daging mentah dan sayuran sering menambah risiko keracunan.

Bahan, ukuran, dan cara membersihkna perlu dipertimbangkan sebelum membeli talenan.


1.Ukuran
Dalam memilih talenan faktor ukuran harus dipertimbangkan. Ukuran talenan mempengaruhi budget, cara membersihkan, dan ruang untuk menyimpan talenan. Sebaiknya pilih talenan dengan ukuran medium atau besar, tapi usahakan ukurannya sedikit lebih kecil dibanding tempat mencuci sehingga pembersihan akan lebih maksimal. Pastikan juga Anda mempunyai tempat yang bersih dan kering yang bisa memuat talenan.

2.Sanitasi
Talenan kayu memberi perlindungan alami karena bakteria tidak suka permukaan kayu dan akan mati saat proses pembersihan. Tapi, setiap habis dipakai talenan kayu tidak boleh direndam dalam air dan dicuci dengan air hangat plus sabun. Sementara itu, talenan plastik lebih mudah dibersihkan karena sifat bahan yang tidak menyerap cairan dan mudah tergores.

3. Sediakan dua talenan
Salah satu cara untuk menghindari keracunan makanan adalah membeli dua talenan dengan tipe berbeda atau warna berbeda. Gunakan satu untuk daging mentah dan lainnya untuk buah, sayuran, dan roti. Jika Anda menggunakan talenan sama untuk semua jenis makanan, maka akan berpotensi terkena kontaminasi bakteria dari bahan makanan mentah.

4. Talenan menjaga ketajaman pisau
Pemilihan talenan bisa meningkatkan ketajaman pisau. Talenan terbaik untuk menjaga ketajaman pisau adalah talenan kayu, tekstur kayu yang lembut tidak merusak ujung pisau. Salah satu yang bagus adalah talenan kayu tebal. Talenan plastik kualitas tinggi juga tak merusak pisau dan lebih mudah dibersihkan.

Sumber: Detik

2 komentar:

  1. saya lebih suka papan talenan kayu karena awet, selain itu entah sugesti ato gimana lebih enak kalau pake talenan kayu

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
    ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.