Rabu, 01 Oktober 2014

5 Jenis Ikan Air Tawar Ini Juga Populer Sebagai Ikan Asin


Bukan cuma ikan laut yang cocok dijadikan ikan asin. Beberapa jenis ikan air tawar juga enak diasinkan dan dikeringkan, lalu diolah menjadi berbagai macam sajian lezat.

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, inilah jenis ikan air tawar yang bisa diolah menjadi ikan asin:


1. Ikan gabus

Gabus (Channa striata) dikenal juga dengan sebutan haruan atau snakehead karena kepalanya seperti ular. Gabus liar yang ditangkap di sungai, danau, dan rawa di Sumatera dan Kalimantan biasanya diasinkan sebelum dijual ke pulau lain.

Gabus asin adalah salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Terkadang yang dijual ke Pulau Jawa sebagai gabus asin adalah ikan toman, bukan gabus.


2. Ikan sepat

Sepat masih satu famili dengan gurami. Habitat ikan ini di rawa, danau, sungai, dan parit berair tenang. Jika banjir, ikan ini sering terbawa ke kolam, saluran air, dan sawah dalam jumlah banyak.

Karena mudah ditangkap dan jumlahnya melimpah saat musim banjir, sepat biasa diawetkan dengan diasinkan. Jenis sepat yang biasa diasinkan adalah sepat rawa (Trichogaster trichopterus) atau sepat siam (Trichogaster pectoralis).


3. Ikan jambal

Meski jambal roti disebut-sebut terbuat dari ikan manyung, di Kamus Besar Bahasa Indonesia jambal berarti ikan Pangasius. Ikan berukuran sedang sampai sangat besar ini seperti perpaduan hiu dan lele.

Jika sudah dibuat jambal roti, ikan asli air tawar di Asia Selatan dan Tenggara ini bisa berharga mahal. Sebab, dagingnya tebal dan empuk seperti roti.


4. Ikan bulu ayam
Ikan bulu ayam memiliki nama ilmiah Moustached thryssa atau Thryssa mystax. Selain di Indonesia, ikan bulu ayam asin juga populer di Malaysia. Biasanya ikan asin ini ditumis atau dimasak dengan sambal.

5. Ikan kapas-kapas
Ikan kapas-kapas (Gerres punctatus) berwarna perak dengan sirip memanjang di punggung dan sirip bagian depannya paling panjang. Ikan kapas asin enak dimasak balado.

Sumber: Detik

4 komentar:

  1. F*a*n*s*B*E*T*I*N*G, agen game online aman dan terpercaya
    Jangan ragu, menang berapa pun kami bayar :)

    BalasHapus
  2. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    BalasHapus
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
  4. Hai semua ada games baru di ARENADOMINO lohh Games SAKONG yuk segera daftar dan bermain bersama kami disini BONUS ROLLINGAN 0,5 % dan BONUS REFFERAL 20 % untuk anda semua dengan 7 permainan yang tersedia di sini dan juga permainan fair play untuk anda semua so tunggu apa lagi yuk langsung saja bermain bersama kami disini ARENADOMINO tempai bermain POKER yang sangat seru dan dijamin proses paling cepat yukk.. pin bb : D8EBAA7C

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.