Kamis, 27 Juni 2013

Mau Bikin Ganache yang Enak? Ikuti Saja Langkah Mudah Ini!



Ganache merupakan istilah umum di dunia pastry yang merujuk pada campuran cokelat dan krim segar (fresh cream). Ganache dipakai sebagai pelapis (glaze), saus, atau isian pastry. Tak hanya bahannya yang sederhana, membuatnyapun sangat mudah!

Executive Chef Pipiltin Cocoa Dedy Sutan mempraktikkan cara membuat ganache pada Chocolate Baking Class Detikfood Sabtu (22/06/13). Mau bikin sendiri? Ikuti langkah berikut ini:


1. Perbandingan cokelat dan krim

Perbandingan cokelat dan krim tergantung jenis cokelat, fungsi ganache, dan suhu penyajiannya. Sebagai isian cake dingin, Chef Dedy menggunakan dark chocolate couverture Tabanan Bali 70% sebanyak 350 gram dan heavy cream 35% sebanyak 500 gram.
"Kalau kandungan kakao pada cokelatnya 50-60%, perbandingan krimnya 1:1. Kalau di atas 60%, rasionya 3:1 untuk krim banding cokelat," jelas Chef Dedy.


2. Didihkan krim
Masukkan krim ke dalam panci, lalu panaskan hingga mendidih. "Krim bisa diganti sebagian atau seluruhnya dengan susu, namun rasanya akan beda," ujar Chef Dedy.

3. Siapkan cokelat
Anda bisa menggunakan cokelat couverture berbentuk koin atau cokelat batangan yang sudah dipotong-potong kecil agar lebih mudah lumer. Kali ini, Chef Dedy menggunakan white chocolate coin. Masukkan ke dalam wadah seperti gelas takar agar mudah dikocok.

4. Tuangkan krim
Setelah krim mendidih, matikan api, lalu tuangkan krim panas ke dalam wadah berisi potongan cokelat.

5. Kocok
Panasnya krim akan membuat cokelat mudah meleleh. Namun, agar lebih cepat lumer dan merata, gunakan hand blender hingga dihasilkan ganache yang kental. "Kalau tidak ada hand blender, aduk dan lumatkan cokelat dengan spatula saja. Jangan pakai balloon whisk (kocokan telur) karena akan menambahkan gelembung udara dan bakteri, sehingga ganache cepat basi," kata Chef Dedy.

6. Resep
Detikfood punya beberapa resep berbahan ganache. Di antaranya adalah Chocolate Ganache Pie ukuran mungil dan ukuran besar, Ganache Tart, serta Chocolate Fondant with Vanilla Ice Cream. Bikin yuk!

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.